10/09/2008

Persepsi Tentang Bahasa Indonesia

PERSEPSI TENTANG BAHASA INDONESIA


Bahasa Indonesia adalah bahasa nasional bagi bangsa kita dan menurut saya pelajaran bahasa Indonesia itu cukup menarik. Disini kita tidak hanya dituntut untuk pandai atau terlatih berbicara saja, tetapi kita juga belajar bagaimana cara membaca mendengar juga menulis yang baik. Materi-materi tersebut tentu akan sangat berguna bagi kita dalam aplikasi kehidupan sehari-hari. Misalnya seperti, menulis surat ke suatu instansi, diskusi dalam suatu forum dan sebagainya yang dapat berguna bagi karier kita di masa depan kelak. Namun selain itu, saya juga terkadang merasa kesulitan dalam menghadapi pelajaran ini. Pelajarannya mungkin terlihat mudah, namun terasa sulit ketika mengerjakannya. Contohnya, ketika menjawab pertanyaan dalam bentuk pilihan ganda, terkadang saya kesulitan untuk memilih jawaban mana yang paling tepat diantara opsen-opsen yang ada. Jawaban yang satu dan yang lainnya hampir sama dan menjebak. Contoh yang lain adalah kesulitan dalam merangkai kata-kata dalam bentuk cerita, baik itu narasi, deskripsi ataupun yang lain.

Saya harap pelajaran bahasa Indonesia ini dapat memberikan saya keterampilan-keterampilan dalam membaca, menulis, berbicara juga mendengarkan yang tentunys dapat saya manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari dan masa depan. Saya juga sedikit prihatin mengenai pemakaian bahasa di kalangan para remaja saat ini. Sering saya mendengar kata-kata yang sepatutnya tidak pantas diucapkan dalam obolan-obrolan. Hal itu membuat saya jengkel dan berpikir alangkah baiknya mereka menggunakan bahasa yang lebih sopan daripada dinilai orang lain memilki kepribadian yang buruk. Karena saya pikir kepribadian seseorang pun dapat dilihat dari bahasa yang digunakan sehari-hari.

Saya berharap pembelajaran bahasa Indonesia ini dapat lebih baik lagi dan menyenangkan dari tahun-tahun sebelumnya. Baik guru maupun siswa dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, tertib namun tidak membuat kita gugup atau tegang tetapi tetap terarah juga teratur sesuai dengan tujuan pembelajaran bahasa Indonesia itu sendiri.

No comments: